FENUGREEK ESSENTIAL OIL

Ketahuilah Fakta Ini sebelum Mengkonsumsi

 

Apa itu Fenugreek?

Fenugreek atau yang dikenal di Indonesia dengan nama kelabat,adalah tanaman asli Asia Barat dan Mediterania. Tanaman ini memiliki tiga daun lonjong hijau atau kuning, yang dapat dikonsumsi segara tau kering. Daun dan biji fenugreek telah dikonsumsi selama ribuan tahun sebagai bahan untuk memasak dan obat-obatan. Para arkeolog telah menemukan bahwa biji fenugreek telah dimasak di Irak sejak tahun 4000 SM! Biji fenugreek, juga dikenal sebagai biji methi, adalah bahan umum dalam kari India, serta masakan Turki, Persia, Eritrea, Ethiopia, dan Mesir. Karena rasa & aromanya yang manis,biji fenugreek juga ditambahkan kesirup maple buatan, permen, es krim, minuman, tembakau, sabun, dan kosmetik.

SICHER

Senyawa Bio aktif pada Biji & Daun Fenugreek

Tidak hanya karena rasanya yang enak, biji fenugreek juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Mari kita lihat lebih dekat komposisi biji fenugreek untuk mencari tahu mengapa mereka bermanfaat sebagai obat-obatan.

Trigonelline

senyawa golongan betaine yang dapat membantu mencegah dan mengobati diabetes.

4-hydroxyisoleucine dan 2-oxoglutarate

senyawa yang dapat menstimulasi insulin

Protodioscin

senyawa yang mungkin memiliki efek afrodisiak (meningkatkan libido).

Diosgenin dan Yamogenin

senyawa yang digunakan dalam sintesis komersial progesteron dan produk steroid lainnya.

3-Hydroxy-4,5-dimethyl-2 (5H) –furanone

senyawa yang menyebabkan tubuh mengeluarkan aroma maple-syrup selama berkeringat.

MANFAAT Fenugreek

Orang mengkonsumsi fenugreek dalam berbagai bentuk, seperti teh, ektrak fenugreek dalam bentuk essential oil, maupun dikonsumsi dalam keadaan segar. Berikut adalah manfaat fenugreek bagi kesehatan.

Meningkatkan Produksi Susu untuk Ibu Pasca Melahirkan

Fenugreek secara luas digunakan sebagai galactagogue, atau agen penambah aliran susu pada ibu baru. Wanita menyusui mengkonsumsi biji atau daun fenugreek sebagai the atau dengan memijatkan minyak esensial fenugreek di payudara

 

Menjaga Kadar Gula Darah

Biji fenugreek umumnya digunakan sebagai untuk mengontrol glukosa darah, terutama untuk mencegah atau mengobati diabetes. Ini dikarenakan senyawa4-hydroxyisoleucine dan 2-oxoglutarate yang membantu meningkatkan produksi enzim insulin pada pankreas. Insulin inilah yang berperan dalam menjaga kadar gula darah pada tubuh.

Meningkatkan Libido

Salah satu kegunaan kuno fenugreek adalah untuk meningkatkan libido. Budaya Mediterania dan Asia Barat telah memasukkan ekstrak fenugreek kedalam makanan untuk meningkatkan hasrat seksual. Studi terbaru menunjukkan bahwa fenugreek dapat meningkatkan libido pada pria dan wanita.

 

 

Mengurangi Peradangan atau Luka Kulit

Minyak esensial fenugreek telah lama digunakan untuk mengobati peradangan pada kulit dan cedera. Studi terbaru menunjukkan bahwa fenugreek mungkin memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Mengkonsumsi Fenugreek

Ada banyak cara untuk mendapatkan khasiat fenugreek, Anda dapat mengkonsumsinya lagsung baik dalam kondisi segar atau kering atau membuatnya dalam bentuk teh. Fenugreek juga tersedia dalam bentuk cair, yakni dalam bentuk essential oil sehingga Anda bisa menambahkan beberapa tetes kedalam minuman anda maupun ditambahkan kedalam minyak jojoba untuk diaplikasikan di kulit Anda. Mengenai dosis, sejumlah factor seperti berat badan, usia, dan status kesehatan menjadi hal yang harus dipertimbangkan. Dokter atau ahli herbal Anda dapat membantu Anda menentukan dosis fenugreek yang tepat.

Contact Us

Jl.Pluit Mas III Blok C No.1B Jakarta Utara, Indonesia

(+628)13 171 06 048

hello@sicher.co.id

Copyright © *SICHER ENTERPRISES*,
All rights reserved.

Our mailing address is:
hello@sicher.co.id

Want to change how you receive these emails?
You can update your preferences or unsubscribe from this list.