Resep Sehat Ko Will #3

Untitled-1

William Sicher Wijaya

Founder SICHER®️
Scent Marketing COACH
Certified Hypnosist & Aromatherapist
Natural Artisan Perfumer

Almond HONEY
Natural Body Lotion!

Halo Mitra Aromapreneurs ! Formulasi hari ini ringan, sedikit licin, dan menggunakan aroma honey almond. Jika kamu tidak punya (ataupun alergi terhadap kacang) kamu bisa gunakan beberapa carrier lain seperti apricot kernel, sunflower, grapeseed oil

saya memasukkan sedikit dari cetyl alcohol untuk memberikan kesan licin dan halus. Untuk emulsifier nya saya gunakan Ritamulse SCG. Naturall emulsifier ini ada beberapan nama.. tapi kamu bisa menemukannya dengan mudah di Internet. Emulsifier ini sifatnya anionic, jadi bisa membantu menyalurkan kekuatan moisturize di produk yang kamu formulasikan. Adapun pH range ideal di formulasi akhir (sesuai rekomendasi RitaCorp, owner dari Ritamulse) sekitar 5 sampai 7,5.

Enjoy

Fase pemanasan air

68.2g | 68.2% air destilasi
10g | 10% vegetable glycerine

Siapkan penamasan menggunakan system double boiler. Masukkan semua bahan di fase pendidihan air dan fase pendidihan minyak dalam 2 beaker glass terpisah, rendam kedua beaker glass di dalam air mendidih di panci.

Setelah 30 menit, keluarkan kedua beaker glass dari double boiler. Jika air di dalam fase air berkurang, tambahkan lagi air destilasi sehingga mencapai ukuran awal sebelum didihkan.

Fase pemanasan minyak

3.5g | 3.5% Ritamulse SCG
10g | 8% sweet almond oil
2g | 2% SICHER®Manuka honey
2g | 2% cetyl alcohol
2g | 2% colloidal oatmeal

Tuang semua bahan di fase pendidihan air ke beaker glass fase pendidihan oil, aduk rata menggunakan spatulas silicon.

Gunakan hand blender dan aduk secara pelan. Putaran pertama aduk selama 1 menit, dan berhenti hingga 10 menit, putaran kedua aduk selama 2 menit, berhinti hingga 10 menit, seterusnya hingga bagian luar wadah terasa hangat dan cream terkesan tebal serta creamy.

Fase pendinginan

1g | 1% Geogard® ECT
3g | 3% hydrolyzed oat protein
0.3g | 0.3% Vitamin E MT-50

Ketika cream mulai mendingin, anda mulai mempersiapkan komposisi di fase pendinginan. Karena bahan baku di fase pendinginan sangat sedikit jumlahnya, anda perlu mempersiapkan bahan di gelas ukur yang lebih akurat. Jangan mencampurkan keseluruhan bahan di fase pendinginan di wadah cream yang sudah anda buat sebelumnya. Ambil sedikit bagian dari wadah cream, campurkan dengan fase pendinginan, aduk rata di wadah lain, ambil lagi sedikit bagian dari wadah cream, campurkan dengan fase pendinginan, aduk rata.. lakukan step itu sampai semua bahan di wadah baru tercampur. Aduk sekali lagi untuk finalisasi

Ketika fase pendinginan selesai, kamu harus test stabilitas pH untuk mengetahui apakah compatible dengan preservative. Buatlah pelarutan 10% dengan menimbang 2 gram produk dan 18 gram air destilasi di mangkuk kecil dan aduk rata. Gunakan pH meter untuk mengukur. Apabila pH berkisar di 4,2 sudah bisa dipacking di dalam botol lotion yang beredar di pasaran.

Saya rekomendasi menggunakan hydrolyzed oat protein, dan beberapa vitamin E di fase pendinginan. Saya gunakan Geograd®ECT (INCI : benzyl alchohol, salicylic acid, glycerin, sorbic
acid). Saya bersyukur konten benzyl alcohol tidak mempunyai karakter aroma almond, yang mana di pembuatan produk ini akan lebih cantiki.

#Enjoy !

cONTACT ME

Solusi pengharum ruangan anda

Contact info

Jl. Komplek Pluit Mas III block C No.1 B jakarta utara - Indonesia