Tujuh Fakta Menarik Tentang

Minyak Essential

" FENNEL "

Sweet Fennel vs Bitter Fennel

Fennel (Foeniculum vulgare Miller) atau yang juga di Indonesia dikenal dengan nama adas telah lama dikenal sebagai tanaman bumbu dan tanaman obat. Ada dua jenis fennel yang dibudidayakan, yakni sweet fennel (adas manis) dan bitter fennel (adas pahit). Namun, hanya sweet fennel yang digunakan dalam aromaterapi karena aromanya yang lebih manis & wangi.

fennel

Minyak Esensial Fennel Bersumber dari Biji

Dengan proses penyulingan, minyak esensial fennel bisa diektrak dari biji fennel yang sudah kering, menghasilkan minyak berwarna kuning pucat. Minyak dari biji fennel adalah salah satu komponen dari minyak telon. Indonesia adalah salah satu negara penghasil fennel terbesar di dunia dan ini yang menjadikan minyak esensial fennel menjadi komoditi ekspor di negara ini.

491836423

Kaya akan Anethole & Fenchone

Biji fennel rata-rata menghasilkan  4-6% minyak esensial, dimana konstituen utamanya adalah anethole dan fenchone. Anethole adalah senyawa yang memberi aroma khas fennel dan bersifat karminatif. Jika Anda pernah menghirup aroma minyak fennel, maka akan muncul sekilas aroma seperti kamper yang mana disebabkan oleh kandungan fenchone. Senyawa ini juga yang bertanggung jawab atas rasa pahit pada fennel. Selain dua senyawa di atas, sejumlah kecil α-pinene, phellandrine, camphene, dipentene, methylchavicole-hydroxyphenylacetone, limonene, dan asam lemak juga ditemukan pada minyak ini.

Mengurangi Kram Saat Menstruasi

Kandungan anthole pada biji fennel memiliki banyak sifat teurapeutik karena senyawa ini memiliki sifat seperti hormon estrogen dalam tubuh wanita. Berdasarkan jurnal Botanical Medicine for Woman Health, minyak esensial fennel mampu melancarkan menstruasi dan efektif untuk mengobati kram perut selama menstruasi. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda cukup menambahkan 5 tetes minyak fennel kedalam satu sendok the minyak zaitun atau minyak kelapa. Lalu pijatkan di bagian bawah perut sejak menstruasi hari pertama hingga menstruasi hari ke-tiga. Bagi Anda yang memiliki periode teratur, maka sebaikya memulai terapi ini sehari sebelum menstruasi.

img_3065

Meningkatkan Produksi ASI

Biji adas memiliki sifat galactagogue, yang dapat meningkatkan produksi ASI. Cukup dengan menambahkan tiga tetes minyak fennel dengan satu sendok minyak zaitun atau kelapa lalu oleskan di sekitar payudara. Minyak ini terserap dengan cepat kedalam kulit dan masukke ASI dan ini akan memberikan efek karminatif bagi bayi yang meminum ASI ini sehingga mampu mencegah kolik atau kembung pada bayi.

Cocok untuk Revitaliasi dan Pembangkit Energi

Aroma minyak fennel terbukti mampu merevitalisasi, memberi energi, dan meningkatkan mood. Ini berguna untuk mengurangi kelesuan dan kelelahan. Tak heran minyak ini telah lama dimasukkan dalam sabun, deterjen, krim, lotion, dan parfum. Anda juga dapat menambahkan minyak ini pada diffuser dan dapatkan manfaat ini setiap saat.

Menekan Nafsu Makan & Mengurangi Berat Badan

Senyawa fitokimia pada biji fennel mampu sementara menekan nafsu makan dan memperlancar system pencernaan secara menyeluruh. Hal inilah yang menjadi kunci penurunan berat badan. Di samping itu, fennel juga membantu meningkatkan energi Anda untuk beraktifitas & berolahraga sehingga pembakaran lemak menjadi lebih efektif.

Tier for Fragrance

Contact Us

Jl.Pluit Mas III Blok C No.1B Jakarta Utara, Indonesia

(+628)13 171 06 048

hello@sicher.co.id

Copyright © *SICHER ENTERPRISES*,
All rights reserved.

Our mailing address is:
hello@sicher.co.id

Want to change how you receive these emails?
You can update your preferences or unsubscribe from this list.