TIPS PRAKTIS PENGGUNAAN

Minyak Essential Sirih

DAUN BETEL (Piper betle L.)

DAUN SIRIH

Daun betel (Piper betle L.)  atau yang di Indonesia dikenal dengan sebutan daun sirih adalah tanaman hijau yang tumbuh sepanjang tahun. Tanaman ini berasal dari India dan tersebar luas ke negara Asia Selatan & Asia Tenggara lainnya. Di Indonesia, sirih memegang peranan penting pada perkembangan sosio-budaya, selain memiliki nilai gizi dan manfaat pengobatan yang tinggi. Tanaman secara tradisional dikenal bermanfaat untuk pengobatan berbagai penyakit seperti bau mulut, bisul dan abses, konjungtivitis, konstipasi, sakit kepala, gatal, keputihan, pembengkakan gusi, rematik, luka dan cedera.

KEGUNAAN MINYAK SIRIH

Menyegarkan Nafas & Menjaga Kesehatan Rongga Mulut

Menurut banyak penelitian, daun sirih dan minyak atsiri efektif menghambat pertumbuhan bakteri Strep to coccusmutans dan mikroorganisme dalam rongga mulut.  Berkumurlah setiap pagi dan malam dengan satu cangkir air hangat yang dicampur dengan2 (dua)tetes minyak daun sirih. Perlakuan rutin dapat mencegah plak, menghilangkan halitosis atau bau tidak sedap di dalam mulut, mencegah gigi berlubang, memperkuat gigi, mengobati gusi berdarah, dan mencegah sariawan.

Mengobati Sembelit dan Memperlancar Proses Pencernaan

Memijat perut Anda dengan 2 tetes minyak daun Sirih yang dicampur dengan 2 tetes minyak Peppermint dan 2 ml minyak wijen dapat menjadi bantuan pencernaan yang sangat baik. Ini membantu dalam mempromosikan sekresi cairan lambung dan mencegah produksi gas berlebih. Selain itu, minyak ini akan meresap kedalam tubuh untuk memperlancar peredaran nutrisi kedalam sel tubuh dan juga memperlancar pembuangan sisa makanan sehingga sembelit dapat diobati.

Meredakan Kondisi Rematik dan Nyeri

Atribut penghilang rasa sakit dari daun Sirih ini disebabkan oleh sifat analgesic dan efek sejuk yang diberikan minyak ini setelah diplikasikan ketubuh. Cukup pijatkan sendi & otot yang sakit dan nyeri dengan 3 (tiga) tetes minyak daun Sirih yang dicampur dengan ½ sendok teh minyak kelapa. Anda juga dapat menambahkan 4 hingga 5 tetes minyak ini dalam kompres panas atau dingin dan gunakan dengan lembut pada bagian yang sakit. Ini juga dapat membantu meringankan sakit kepala, sakit pinggang atau nyeri punggung bawah, nyeri artritis, pembengkakan, kemerahan dan otot tegang.

Mencegah Infeksi oleh Bakteri & Jamur pada Kulit

Sifat antiseptic minyak Sirih membuatnya ampuh dalam mengobati berbagai masalah kulit, seperti jerawat, luka, kurap, kutu air, dan penyakit menular tertentu lainnya seperti dermatofitosis. Campurkan2 (dua) tetes minyak daun Sirih dengan 1 (satu) tetes minyak Peppermint dan 1 (satu) tetes minyak kunyit bersama dengan ½ sendok teh minyak kelapa pada bagian yang terinfeksi atau sakit. Campuran ini mampu meringankan luka dan infeksi dengan cepat karena memerangi dan mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Anda juga dapat 2 tetes minyak daun Sirih ke air mandi Anda untuk melindungi Anda dari kuman, mencegah bau badan dan memberi kesegaran sepanjang hari.

Obat Instan untuk Masalah Pernafasan

Minyak daun sirih memiliki sifat ekspektoran yang membantu mengusir lendir dan dahak yang terkumpul terutama di paru-paru dan saluran pernapasan. Bersamaan dengan ini, sifat anti mikroba ini membantu membunuh patogen pada saluran pernafasan, seperti bakteri dan virus penyebab infeksi pernafasan. Cukup dengan menambah 3 (tiga) tetes minyak daun Sirih pada aroma diffuser, anda dapat menghirup uap  Sirih untuk mengobati hidung tersumbat, sesak nafas, dan batuk. Tak hanya itu, Anda juga bisa mencampurkan 2 (dua) tetes minyak daun sirih dengan 2 (dua) tetes minyak cajeput dan ½ sendok the minyak kelapa dan hangatkan sedikit. Dengan lembut pijatkan ketenggorokan, dada, dan punggung  Anda untuk mengeluarkan kelebihan air dan lender yang tertumpuk di dalam saluran pernafasan.

Mengobati Keputihan

Sifat antiseptic minyak sirih mampu membersihkan area vagina dan membunuh bakteri berbahaya penyebab keputihan. Cukup tambahkan 2 (dua) tetes minyak sirih pada satu cangkir air hangat lalu gunakan untuk membersihkan area vagina.  Lakukan treatment ini setiap hari jika anda sudah mengalami keputihan. Jika anda belum mengalaminya dan ingin melakukan upaya pencegahan, Anda bisa melakukan treatment ini dua kali seminggu.

KANDUNGAN KIMIA

Ada cara praktis untuk mendapatkan seluruh manfaat yang terdapat dalam daun sirih, yakni dengan mengkonsumsi minyak esensial daun sirih, baik secara eksternal maupun internal. Minyak esensial adalah ekstrak daun sirih dimana semua senyawa bio aktif terekstrak di dalamnya. Minyak esensial sirih diperoleh melalui distilasi daun sirih yang sudah dikeringkan. Dengan warna kuning keemasan hingga coklat muda, minyak ini memiliki aroma smoky yang unik, mirip seperti tar.

Kandungan utama dari minyak sirih adalah senyawa golongan phenol seperti, chavibetol (80.5%), chavicol (0.4%), eugenol (0.4%), dan methyl eugenol (0.4%). Senyawa phenol inilah yang memiliki sifat antioksidan dan antiseptic. Senyawa lain yang ditemukan dalam minyak sirih, adalah allypyrocatechol diacetate, campene, cadinene, dan vitamin C.

Contact Us

Jl.Pluit Mas III Blok C No.1B Jakarta Utara, Indonesia

(+628)13 171 06 048

hello@sicher.co.id

Copyright © *SICHER ENTERPRISES*,
All rights reserved.

Our mailing address is:
hello@sicher.co.id

Want to change how you receive these emails?
You can update your preferences or unsubscribe from this list.