Minyak Essential

& Tips aromatherapy

untuk membantu berhenti merokok

Essential

Berhenti dari kecanduan merokok tidaklah mudah. Ini membutuhkan kemauan dan tekad tinggi, dan sedikit orang yang dapat sepenuhnya berhenti tanpa melalui rasa tidak nyaman atau gejala putus rokok (with drawal syndrome). Setelah Anda berhenti, tidak peduli strategi apa yang Anda gunakan untuk membantu berhenti merokok, Anda berhak berbangga atas pencapaian ini. Aromaterapi sendiri bukanlah obat mujizat yang secara ajaib akan menghilangkan semua keinginan dan with drawal syndrome. Ini bukan juga berarti bahwa aromaterapi dapat mengganti peran dokter dan praktisi kesehatan. Akan tetapi, menggunakan minyak esensial secara bijaksana, dengan persetujuan dokter atau praktisi kesehatan, mampu memainkan peran penting dalam upaya Anda untuk berhenti merokok.

Essential
Oil

Aromatherapy

Di bawah ini akan dijelaskan sejumlah minyak essential yang jika dikombinasikan dengan teknik berhenti merokok (ada banyak teknik yang dapat Anda pilih), aromaterapi dapat membantu meningkatkan peluang Anda untuk berhenti merokok secara total. Artikel ini tidak akan membahas alasan mengapa Anda harus berhenti merokok karena itu di luar ruang lingkup pembahasan.

Minyak Essential Yang Dapat Membantu Memerangi Kecanduan

Minyak Essential Tembakau

Tentunya minyak tembakau murni memiliki aroma tambakau yang kaya. Di hari-hari awal berhenti merokok,  Anda dapat meneteskan/menyemprotkan sedikit minyak ini kesapu tangan atau kertas parfum kemudianmenghirup aroma inisetiap kali dibutuhkan.

Minyak Essential Lada Hitam

Dalam buku Aromaterapi Science, Maria Lis-Balchin menunjukkan bahwa mengidam rokok dapat dikurangi dengan menghirup lada hitam. [Maria Lis-Balchin, Ilmu Aromaterapi : Panduan untuk Profesional Kesehatan (Inggris: Pharmaceutical Press, 2006), 101.] Aroma lada hitam mampu mengekang keinginan akan nikotin dalam alam bawah sadar.

Selain dua minyak di atas, dalam bukunya The Fragrant Mind, Valerie Ann Worwood mencantumkan minyak essential berikut sebagai minyak yang diarekomendasikan untuk digunakan saat memerangi kecanduan : kemangi, kemenyan (frankincense), peppermint, dan vetiver. Ia juga mencantumkan ini sebagai minyak yang mungkin dapat membantu: bergamot, clary sage, marjoram, oregano, pala, nilam, dan chamomile [Valerie Ann Worwood, The Fragrant Mind (Novato, CA: New World Library, 1996), 119].

Metode Aromaterapi untuk Berhenti Merokok

Setelah mengetahui minyak essential yang patut dicoba maka selanjutnya Anda harus memilih bagaimana cara untuk menggunakan minyak essential ini. Berikut tipsnya.

1. Inhaler aromaterapi

Dalam satu inhaler aromaterapi, Anda dapat memasukkan sejumlah minyak essential berbeda yang terkonsentrasi. Untuk menggunakannya, Anda cukup membuka tutupnya dan angka tujung inhaler kehidung Anda. Mereka dapat dibawa dalam dompet, tas kerja atau ransel dan bahkan cukup kecil untuk dimasukkan kedalam saku. Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan minyak essential pilihan Anda di mana saja. Beberapa brand aromaterapi menawarkan inhaler aromaterapi siap pakai yang mengandung minyak essential tunggal atau campuran minyak essential yang diformulasikan secara khusus.

Anda juga dapat membuat inhaler sendiri dengan membeli inhaler kosong lalu memasukkan minyak essential sesuai racikan Anda. Sangat praktis bukan?

Gerakan mengangkat inhaler aromaterapi kehidung Anda untuk menghirup aroma essential dapat membantu mengekang kecenderungan “tangan-ke-mulut”dari merokok. Menghirup aroma dari inhaler juga mencerminkan menghirup dalam-dalam saat merokok.

2. Aroma diffuser

Cara lain untuk mendapatkan manfaat aromaterapi adalah dengan menyebarkan aroma keseluruh ruangan dengan menggunakan diffuser. Ini sangat cocok digunakan saat Anda berada dalam satu ruangan untuk bekerja, bersantai, maupun tidur sehingga Anda dapat menghirup aroma minyak essential secara kontinu.

3. Massage oil

Selama usaha untuk putus merokok, Anda akan mengalami banyak rasa tidak nyaman seperti pusing, cemas, mudah letih, susah tidur, maupun depresi. Ini dapat diatasi dengan pijak di titik efektif tubuh dengan pilihan minyak essential yang disebutkan di atas. Selain tubuh menjadi rileks, Anda dapat mengekang kebutuhan nikotin melalui aroma ini. Namun ingatlah untuk mencampur minyak essential dengan minyak pengencer (carrier oil) terlebih dahulu, seperti minyak kelapa, almond, maupun jojoba.

Perokok aktif tentunya akan meninggalkan aroma smoky (asap) dalam ruangannya. Smoky adalah tipe aroma membandel yang sangat sulit untuk dihilangkan. Nah jika sudah berhenti merokok secara total, Anda tentunya ingin terbebas dari aroma ini. Berikut adalah minyak essential yang efektif untuk menghilangkan bau smokydi ruangan: bergamot, lemon, sereh wangi, peppermint, dan sage. Anda cukup menyebarkan aroma ini secara rutin kedalam ruangan dengan bantuan diffuser maka lambat laun aroma smoky akan hilang.

Contact Us

Jl.Pluit Mas III Blok C No.1B Jakarta Utara, Indonesia

(+628)13 171 06 048

hello@sicher.co.id

Copyright © *SICHER ENTERPRISES*,
All rights reserved.

Our mailing address is:
hello@sicher.co.id

Want to change how you receive these emails?
You can update your preferences or unsubscribe from this list.