logo WSW EDIT2 yang putih

SCENT MARKETING

Cara ampuh hotel berbintang memikat banyak tamu

Menurut berbagai penelitian, aroma memengaruhi dengan cara yang berbeda. Pengaruh ini lebih bekerja di alam bawah sadar dan memberikan efek yang kuat.

1.Rata-rata orang dapat mengingat bau dengan akurasi 65% setelah setahun, sedangkan daya ingat visual sekitar 50% setelah tiga bulan.
2. Aroma memiliki hubungan yang sangat kuat dengan memori dan menghubungkan kita kewilayah emosional otak lebih cepat dari pada indra
lainnya.
3.Aroma bekerja dalam arah yang berlawanan dengan indra lainnya. Dengan penglihatan, suara dan rasa, kita mengidentifikasi informasi terlebih dahulu dan kemudian bereaksi secara emosional. Dengan aroma, kita memiliki reaksi emosional terlebih dahulu dan baru kemudian mengidentifikasi aroma itu.

MGallery oleh Sofitel melakukan survey terhadap 3.000 tamu selama musim panas dan menemukan 78% wanita dan 74% pria umumnya menyukai ruangan beraroma. Dengan fakta menarik seperti itu, tidak mengherankan jika hotel memasukkan wewangian untuk memengaruhi pengalaman menginap tamu mereka.

”Scent marketing hotel adalah hal yang nyata"

Scent-marketing untuk hotel adalah strategi nyata dan menjadi branding hotel itu sendiri. Ini tidak hanya diperuntukkan untuk hotel eksklusif atau mewah, kini, bahkan chain budget dan boutique hotel membiayai taktik ini dengan sedikit bantuan dari perusahaan seperti Sicher Enterprise yang ahli dalam menciptakan aroma khas atau diistilahkan sebagai signature scent bagi hotel. Aroma ini akan menciptakan pengalaman positif bagi tamu serta memupuk brand loyalty. Penelitian mereka mengungkapkan dengan jelas bahwa : “Scent-marketing telah terbukti menarik pelanggan baru, meningkatkan waktu berkunjung pelanggan, menciptakan branding, meningkatkan nilai persepsi terhadap brand, mendorong kunjungan berulang, meningkatkan penjualan, dan memupuk brand loyalty”.

W Hotel

W Hotels dengan interiornya yang didominasi oleh nuansa kayu dan coklat memilih aroma yang pas untuk membentuk brand yang tak terlupakan.
Memasang aroma buah ala Italia yang dipadukan dengan kayu cendana dan melati untuk menciptakan aroma sensual bagi interior mereka.

Sofitel Hotels & Resorts

Tidak main-main dengan scent-marketing, Sofitel Hotels & Resorts menggelotorkan banyak uang demi merekrut perfurmer ternama untuk menciptakan aroma untuk interior dalam hotel. Essence de Sofitel adalah rangkaian wewangian interior dan lilin beraroma yang dibuat oleh perfumer Perancis Lucien Ferrero untuk Sofitel Hotels & Resorts. Setiap kali Anda mengunjungi hotel Sofitel dimanapun di seluruh dunia, Anda akan diselimuti aroma mawar putih yang halus, melati dari Grasse, nilam, vanila, daun lemon, bergamot, dan lily dengan cendana putih sebagai noted yang mendominasi. 

Holiday Inn

Aroma organik yang dikembangkan Holiday Inn memberi kesan bersih dan simple. Aroma ini ditempatkan di dekat pintu masuk utama hotel dan disebar dengan bantuan mesin HVAC scent machine yang beroperasi setiap
hari pada pukul 11:00 – 23:00. Aroma signature dari Holiday Inn adalah perpaduan green tea, sweet grass, jeruk, dengan sedikit rempah hijau dan ditambah dengan aroma kayu & musk sebagai base notes.

Hotel Indigo

Hotel Indigo memperbarui aromanya setiap kuartal. Mereka mengubah aroma signature setiap musim untuk menginspirasi tamu. Memutar wewangian tanda tangan mereka untuk menginspirasi tamu setiap musim. Mereka pernah menyambut tamu dengan Cranberry Apel Marmalade, aroma hangat dari cranberi tart dan apel. Saat ini, aroma mereka adalah Noel, campuran aroma cemara dan rempah-rempah hangat, dengan jeruk sebagai top notes. Tergantung kapan Anda mengunjungi hotel ini, Anda juga dapat menikmati aroma Lavender de Provence yang merupakan perpaduan lavender dan cendana atau Sugar Cookie, air freshner yang
berbau seperti kue gula yang baru dipanggang.

Westin Hotels

Aroma khas Westin adalah perpaduan white tea dan vanilla dengan nuansa cedar. Aromanya begitu popular sehingga Westin juga menciptakan lotion white tea, shampoo, dan sabun, serta lilin beraroma dan oil diffuser. Westin adalah salah satu pelopor hospitality untuk menggunakan aroma signature di lobi hotel. Mereka mulai menguji aroma White Tea pada awal 2005 dan terbukti signature aroma ini meningkatkan pengalaman tamu dan memberi efek positif kepada penjual hotel dan brand Westin itu sendiri secara luas.

Scent marketing menciptakan kenangan yang kuat

Aroma dapat membangkitkan reaksi emosional yang kuat dan, menurut Social Issues Research Center. Persepsi penciuman tidak hanya terdiri dari sensasi aroma itu sendiri tetapi juga dari pengalaman dan emosi yang terkait dengan sensasi ini. Strategi scent-marketing akan membantu kenangan brand Anda tersimpan dalam memori pengunjung /pembeli dalam waktu lama karena manusia dapat mengingat aroma dengan akurasi 65% setelah setahun. Sebuah ide yang brilliant, jika Anda mempertimbangkan strategi ini, terutama karena itu tidak semahal yang Anda pikirkan. Anda dapat bermitra dengan perusahaan wewangian lokal dari mulai custom aroma khas hingga setting mesin aroma di tempat anda, yang rata-rata menghabiskan biaya Rp1.000.0000 – Rp 30.000.000 tergantung kerumitan aroma dan tipemesin, tetapi itu sepadan mengingat bahwa otak manusia lebih mudah mengingat aroma dari pada visual. Caroline Fabrigas, CEO Scent Marketing mengatakan: “Custom aroma itu membutuhkan biaya, tetapi jika Anda berpikir tentang jumlah uang yang akan digunakan untuk membuat logo brand maka custom aroma hanyalah bentuk lain dari penciptaan logo — dan tentunya salah satu yang memiliki efek paling besar. Dan langkah itu akan terbayarkan kembali. Keuntungan yang dihasilkanakan jauh melebihi biaya yang anda keluarkan untuk scent-marketing.

Sicher enterprise

Indonesia’s No.1 Aromatherapy & Air Freshener Specialist

Contact Us

Jl.Pluit Mas III Blok C No.1B Jakarta Utara, Indonesia

(+628)13 171 06 048

hello@sicher.co.id

Copyright © *SICHER ENTERPRISES*,
All rights reserved.

Our mailing address is:
hello@sicher.co.id

Want to change how you receive these emails?
You can update your preferences or unsubscribe from this list.