Minyak dari Mediterania

Rosemary

Yang Kaya Manfaat

Rosemary

(Rosmarinus officinalis)

lebih dari sekedar tanaman penyedap yang ditambahkan dalam makanan barat & timur tengah. Ia memiliki segudang kegunaan dan manfaat bagi tubuh. Bagi masyarakat Indonesia tanaman ini masih terdengar asing karena tanaman ini memang bukan berasal dari Indonesia melainkan Mediterania. Ia memiliki daun yang mirip duri lalu bunga harum dengan warna putih, pink, ungu, maupun biru.

" Kandungan Fitokimia "

Minyak esensial rosemary diekstrak dari daun dan bunga rosemary dengan proses distilasi uap. Aromanya yang seperti kayu segar dan dedaunan hijau. Dalam 10 kg daun & bunga hanya dihasilkan 1-2% minyak saja maka tak heran harga minyak esensial rosemary murni sangat mahal di pasaran. Sebagian besar efek kesehatan rosemary yang bermanfaat belum dikaitkan dengan aktivitas antioksidan yang tinggi dari konstituen kimia utamanya, termasuk carnosol, asam carnosic, asam ursolat, asam rosmarinic, dan asam caffeic. Rosemary mengandung sejumlah senyawa kimia bermanfaat, diantaranya asam rosmarinic, kamper, asam caffeic, asam ursolat, asam betulinat, asamcarnosic, 1,8 – cineole dan carnosol. Minyak esensial rosemary mengandung 10-20% kamper sehingga sangat cocok untuk mencegah serangga. Minyak ini memilik inilai ORAC antioksidan sebesar 11.070 yang berarti rosemary memiliki kekuatan anti-radikal bebas sebesar goji berry.
Rosemary

Kegunaan dan Manfaat Minyak Rosemary

Begitu banyak cara praktis untuk mendapatkan manfaat minyak rosemary bagi kesehatan, berikut adalah resep Do-It-Yourself yang dapat Anda terapkan.

Meningkatkan Daya Ingat – Campurkan 3 tetes minyak rosemary  dengan ½  sendok teh minyak kelapa dan pijatkan pada leher bagian atas setiap hari selama 5 – 10 menit. Atau bisa juga dengan mendifusi aroma rosemary selama Anda belajar untuk meningkatkan focus dan fungsi kognitif.

Penebal Rambut – Tambahkan 5 tetes minyak rosemary kedalam satu sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa lalu pijatkan merata di kulit kepala selama 10 – 15 menit, diamkan selama ½ jam sebelum dibilas dengan shampoo. Lakukan rutinitas ini dua hari sekali dan dalam satu bulan akan banyak tumbuh rambut baru di kulit kepala Anda.

Menjaga Kesehatan Prostat – Campur 2 tetes minyak rosemary dengan ½ sendok teh minyak zaitun dan oleskan di bawah testikel (buah pelir).

Kurangi Nyeri – Campurkan 2 tetes minyak rosemary, 2 tetes minyak peppermint, dan 1 sendok the minyak kelapa dan gosokkan pada otot dan sendi nyeri untuk memberi rasa sejuk, meningkatkan sirkulasi, mengurangi rasa sakit, dan mencegah peradangan.

Menjaga Kesehatan Neuropati dan Neuralgia – Campur 2 tetes minyak rosemary, 2 tetes minyak peppermint, 2 tetes minyak chamomile dan ½ sendok teh minyak kelapa dan gosokkan pada area neuropati.

Masalah pernapasan – Tambahkan 3 tetes minyak rosemary pada aroma diffuser lalu Anda bisa duduk di dekat diffuser ini untuk mendapatkan terapi aroma. Aroma Rosemary memang terbukti mampu mengobati hidung tersumbat, flu, dan radang pada pernafasan.

Tindakan Pencegahan

Minyak rosemary sangat aman untuk digunakan bahkan untuk orang dengan kulit sensitive sekali pun. Namun ada baiknya untuk selalu megencerkan minyak rosemary dengan carrier oil, seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak almond, atau minyak jojoba sebelum diaplikasikan kekulit. Saat menggunakan minyak rosemary secara topikal, hindari mata, selaput lender, dan area dengan luka terbuka.

Contact Us

Jl.Pluit Mas III Blok C No.1B Jakarta Utara, Indonesia

(+628)13 171 06 048

hello@sicher.co.id

Copyright © *SICHER ENTERPRISES*,
All rights reserved.

Our mailing address is:
hello@sicher.co.id

Want to change how you receive these emails?
You can update your preferences or unsubscribe from this list.