Manfaat

Minyak Peppermint

Bagi Perawatan Kecantikan

PEPPERMINT

(Mentha x piperita)

adalah spesies hibridadari spearmint dan mint air. Minyak esensial peppermint diperoleh melalui ekstraksi daun tanaman peppermint yang sudah berbunga. Kandungan utama dari minyak ini adalah mentol (40,7%) dan menthone (23,4%)adalah dua senyawa utama pada peppermint. Komponen lebih lanjut adalah pulegone, mentilasetat, 1,8-cineole, limonene, β-pinene dan β-caryophyllene.

Semua senyawa ini memiliki segudang manfaat bagi medis dan perawatan tubuh, sehingga tidak heran jika banyak kosmetik yang mengandung ekstrak peppermint. Nah, Anda yang ingin merasakan manfaat minyak ini, bisa langsung mencobanya sendiri di rumah! Berikut ini adalah manfaat minyak peppermint dan cara menggunakannya untuk perawatan kecantikan alami.

Peppermint (Mentha x piperita) adalah spesies hibridadari spearmint dan mint air. Kandungan utama dari minyak ini adalah mentol (40,7%) dan menthone (23,4%)adalah dua senyawa utama pada peppermint. Komponen lebih lanjut adalah pulegone, mentilasetat, 1,8-cineole, limonene, β-pinene dan β-caryophyllene.

Essential oils

Peppermint

Organic

“Manfaat Minyak Peppermint”

Sicher Enterprises

Stimulasi Pertumbuhan Rambut & Mencegah Ketombe

peppermint dapat meningkatkan aliran darah pada kulit kepala dan memberikan stimulasi pada folikel rambut untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Plus, mentol adalah agen antiseptik yang kuat, sehingga membantu menghilangkan kuman yang menumpuk di rambut Anda serta menghilangkan ketombe.

Untuk merasakan khasiat ini Anda cukup mencampurkan 5 tetes minyak peppermint kedalam 50 m ml minyak kelapa atau minyak zaitun, lalu pijatkan campuran ini pada kulit kepala selama 5 menit. Setelah tersebar merata di seluruh kulit kepala, diamkan selama 30 menit hingga 1 jam sebelum dibilas menggunakan shampoo hingga bersih.

Segarkan Nafas dan Meningkatkan Kesehatan Mulut

Tidak percaya diri karena bau mulut? Minyak peppermint dapat membantu Anda menyegarkan nafas secara alami karena kandungan menthol pada peppermint ampuh membunuh bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut & gigi berlubang.

Untuk meningkatkan kesehatan mulut Anda dan menyegarkan napas Anda, cobalah menambahkan 3 tetes minyak peppermint kedalam 10 mL air kemudian gunakan untuk berkumur selama 30 detik hingga satu menit. Campuran ini lebih baik dari mouthwash karena tidak mengandung senyawa kimia sintetik serta tidak membuat rongga mulut menjadi kering.

Sunblock Alami

Minyak peppermint dapat melembabkan kulit yang terbakar dan mengurangi rasa sakit akibat sengatan matahari. Ini juga dapat digunakan untuk membantu mencegah kulit terbakar. Ini karena nilai SPF (sun protection factor) peppermint yang lebih tinggi dari pada minyak esensial lainnya, seperti lavender, eukaliptus, tea tree, dan minyak mawar.

Untuk membantu menyembuhkan kulit Anda setelah terpapar sinar matahari dan membantu melindungi kulit Anda dari sengatan matahari, campurkan 2-3 tetes minyak peppermint dengan setengah sendok teh minyak kelapa dan aplikasikan langsung kekulit  Anda.

Mengatasi Bibir Pecah - pecah

Peppermint memiliki kemampuan untuk menenangkan dan mendinginkan jaringan kulit pada bibir, serta menyembuhkan pecah – pecah akibat bibir kering. Tak hanya itu, minyak ini juga dapat memperlancar peredaran darah pada bibir untuk mendapatkan warna bibir yang merah alami.

Anda bisa merasakan manfaat ini dengan membuat lip balm alami. Panaskan 1 sendok makan cocoa butter, lalu campur dengan ¼  sendok makan minyak kelapa.  Setelah terpadu rata, matikan pemanas dan tambahkan 4 tetes minyak peppermint. Campurkan hingga merata, dan tuangkan pada wadah kecil lalu aplikasikan pada bibir setiap dibutuhkan.

Mengurangi Minyak pada Wajah

Minyak peppermint sangat berguna untuk pemilik kulit wajah berminyak atau kombinasi. Peppermint memiliki kandungan astringen yang berfungsi mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak  berlebih  pada  kulit. Untuk memperoleh manfaat ini, tuangkan beberapa tetes minyak peppermint dan air pada kapas lalu usapkan perlahan keseluruh wajah sebagai toner. Setelah itu, lanjutkan dengan penggunaan pelembap wajah.

Manfaat ini juga dapat diperoleh dengan menggunakan minyak ini sebagai masker wajah. Caranya, campurkan dua tetes minyak ini dengan parutan timun atau aloe vera. Aduk hingga merata dan tempelkan merata di seluruh wajah selama 20 menit. Treatment ini dapat dilakukan dua sampai tiga hari sekali.

Mencegah Jerawat

Punya masalah dengan kulit berjerawat? Peppermint oil dapat menjadi salah satu solusi yang efektif & aman. Peppermint memiliki kandungan antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, minyak ini juga dapat mengurangi peradangan pada jerawat dan mengontrol sekresi minyak pada kulit. Tak hanya itu, kandungan antioksidan pada peppermint mampu menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini di wajah.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menungakan beberapa tetes minyak peppermint kekapas lalu mengoleskannya kebagian yang berjerawat. Cara paling ampuh adalah dengan mencampurkan satu sendok teh aloe vera gel, 1 tetes minyak peppermint, dan 1 tetes tea tree oil, aduk hingga merata lalu aplikasikan pada wajah setiap malam hari sebelum tidur. 

Contact Us

Jl.Pluit Mas III Blok C No.1B Jakarta Utara, Indonesia

(+628)13 171 06 048

hello@sicher.co.id

Copyright © *SICHER ENTERPRISES*,
All rights reserved.

Our mailing address is:
hello@sicher.co.id

Want to change how you receive these emails?
You can update your preferences or unsubscribe from this list.