Kenali Bahan Alami yang Baik untuk

MENGENCERKAN ESSENTIAL OIL

ESSENTIAL OIL

Bagi balita dan orang dengan kulit sensitif, penggunaan essential oil yang pekat, tanpa pengeceran terlebih dahulu, dapat mengakibatkan kulit perih, gatal, dan alergi. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengencerkan essential oil sebelum digunakan secara topical. Tak hanya itu, pengenceran ini berguna untuk mengefisiensikan penggunaan essential oil tanpa mengurangi khasiatnya.Yuk intip bahan alami yang bisa dicampur untuk mengurangi kepekatan essential oil.

Carrier Oil

Carrier oil, juga dikenal sebagai minyak nabati atau minyak dasar, digunakan untuk mengencerkan essential oil sebelum dioleskan kekulit. Minyak berasal dari bagian tanaman yang kaya akan asam lemak, seperti biji atau kacang-kacangan. Ada puluhan variasi carrier oil yang dapat ditemukan di pasaran, berikut yang mudah ditemukan di Indonesia:

  • Minyak sweet almond
  • Minyak alpukat
  • Minyak biji camellia
  • Minyak kelapa murni (virgin coconut oil)
  • Minyak biji anggur (grapeseed oil)
  • Minyak jojoba
  • Minyak zaitun (virgin olive oil)
  • Minyak kacang tanah (peanut oil)
  • Minyak jarak (castor oil)
  • Minyak wijen
  • Minyak biji bunga matahari

Beberapa carrier oil tidak berbau, tetapi secara umum,ia memiliki aroma yang sedikit manis dan pedas. Minyak ini kaya akan asam lemak penting yang berfungsi untuk melembabkan dan meremajakan kulit.

Vegetable Butter

Butter berbeda dengan carrier oil, ia berwujud padat pada suhu kamar. Vegetable butter mengandung triglisserida dari tumbuh-tumbuhan, seperti palmitic acid, stearic acid, oleic acid. Teksturnya yang lunak dan mudah bercampur dengan essential oil, membuat vegetable butter cocok digunakan dalam aromatherapy. Cocoa butter dan shea butter menjadi produk paling favorit di Indonesia, selain karena mudah ditemukan dan sangat menutrisi kulit.

Baik shea butter maupun cocoa butter dikenal baik karena kemampuannya untuk menjaga kulit tetap lentur dan membantu mencegah atau mengurangi bekas luka. Mereka dapat dimasukkan dalam krim pijat, lotion, produk perawatan kulit alami lainnya.

Jika carrier oil hanya bertahan 1 – 2 tahun sebelum menjadi tengik, vegetable butter mampu bertahan hingga 5 tahun (jika disimpan dalam tempat kering dan sejuk).

Aloe Vera Gel

Gel lidah buaya bukanlah carier oil maupun butter, tetapi sifatnya yang mendinginkan, menyejukkan, dan menghidrasi,  membuatnya cocok untuk mengencerkan minyak esensial sebelum di oleskan kekulit.

Ada baiknya Anda menggunakan aloe vera gel yang sudah dipekatkan, sehingga kandungan air dalam gel berkurang. Anda dapat dengan mudah menemukannya di pasaran dengan. Jenis inilah yang akan mudah tercampur dengan essential oil serta yang mudah diserap kulit.

Hindari Mineral Oil dan Petroleum Jelly

Mineral oil dan petroleum jelly adalah produk sampingan dari minyak bumi. Mereka bukan berasal dari tumbuh-tumbuhan dan tidak digunakan dalam lingkup aromaterapi holistik. Kedua bahan ini sering digunakan dalam minyak bayi dan banyak pelembab yang tersedia secara komersial karena merupakan minyak yang murah untuk diproduksi. Namun, bahan ini cenderung menyumbat pori-pori, mencegah kulit bernafas secara alami, dan menghambat penyerapan minyak esensial.

Top 4 Fragrance Oil

Contact Us

Jl.Pluit Mas III Blok C No.1B Jakarta Utara, Indonesia

(+628)13 171 06 048

hello@sicher.co.id

Copyright © *SICHER ENTERPRISES*,
All rights reserved.

Our mailing address is:
hello@sicher.co.id

Want to change how you receive these emails?
You can update your preferences or unsubscribe from this list.