"

Fakta Menarik Mengenai

Minyak Essential

Basil

Ada Banyak

Varientas Basil

DI DUNIA

Basil (Ocimumbasilicum), umumnya digunakan dalam kuliner untuk meningkatkan rasa dan aroma masakan. Basil berasal dari daerah tropis di Afrika Tengah dan Asia Tenggara. Ada banyak varietas Ocimumbasilicum, serta beberapa spesies hibridanya yang juga disebut basil. Jenis yang umum dikonsumsi adalah sweet basil, lemon basil atau yang kita kenal dengan kemangi, Thai basil, dan holy basil.

Daun & Bunga

Sweet Basil

Kaya akan Minyak Essential

Diantara semua varietas basil, yang baik digunakan sebagai aromatherapy adalah sweet basil karena aromanya yang mirip seperti fennel, dengan tekstur yang kuat, manis, dan sedikit pedas. Varieatas lainnya juga kaya akan manfaat namun kurang cocok digunakan dalam aromatherpahy. Minyak essential sweet basil diesktrasi melalui proses distilasi daun & bunga basil karena bagian inilah yang kaya akan kandungan asam lemak & senyawa kimia bermanfaat.
BASIL

Kandungan Fitokimia Sweet Basil

Minyak basil mengandung linalool dan metil chavicol (estragole) dalam konsentrasi tinggi. Konstituen lainnya termasuk: 1,8-cineole, eugenol, dan myrcene. Profil atau identitas aroma khas sweet basil berasal dari1,8-cineole dan metil eugenol.Minyak sweet basil juga merupakan sumber vitamin A, C dan K, serta mangan. Ia juga memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang tinggi.

Berguna untuk Relaksasi

Minyak essential kemangi bersifat menenangkan dan menyegarkan. Entah dengan dihirup melalui diffuser atau dioleskan secara topikal, minyak essential ini dapat membantu meredakan ketidaknyamanan akibat migrain, saraf tegang, kecemasan, depresi, kelelahan, dan kondisi mental lainnya. Karena efeknya yang positif pada system saraf, ia digunakan secara luas dalam aromaterapi.

 

Mengurangi Gatal & Bengkak pada Kulit

Minyak atsiri Basil mungkin berguna untuk menghilangkan gatal – gatal akibat serangga. Bengkak akibat sengatan lebah, serangga, dan ular dapat ditenangkan dengan aplikasi minyak esensial Basil. Kandungan eugenol dan linalool pada basil sangat efektif dalam menghambat peradangan akibat bengkak yang disebabkan gigitan serangga.

Menghilangkan Bau Tak Sedap

Basil mampu menghilangkan bakteri dan jamu penyebab bau tak sedap di rumah, mobil, dan perabotan. Secara tradisional di India, minyak basil telah digunakan untuk menghilangkan bau dan membersihkan peralatan dapur. Untuk mendapatkan manfaat ini, anda cukup menambah beberapa tetes minyak basil kedalam baking soda lalu campurkan dengan air hingga membentuk pasta. Gosokkan campuran ini pada perabotan dapur anda untuk menghilangkan noda dan bakteri. Di samping itu Anda juga dapat mengencerkan campuran ini pada air lalu semprot di dalam toilet, shower, dan tempat sampah Anda.

Menyembuhkan Infeksi Telinga

Diantara semua varietas basil, yang baik Minyak essential basil efektif untuk meredakan sakit telinga. Tuangkan beberapa tetes minyak essential Basil dan tiga tetes minyak almond atau kelapa keatas kapas, lalu pijatkan dengan lembut di daun telinga dan dibelakang telinga Anda. Namun, jangan biarkan campuran ini masuk kedalam telinga Anda.
BASIL

Contact Us

Jl.Pluit Mas III Blok C No.1B Jakarta Utara, Indonesia

(+628)13 171 06 048

hello@sicher.co.id

Copyright © *SICHER ENTERPRISES*,
All rights reserved.

Our mailing address is:
hello@sicher.co.id

Want to change how you receive these emails?
You can update your preferences or unsubscribe from this list.