Datangnya Minyak Essential Oil

 

Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang cara membuat minyak esensial? Faktanya, minyak Atsiri tidak dibuat, tetapi sebaliknya, mereka diekstrak dari bahan tanaman. Ekstraksi digunakan untuk mendapatkan konstituen botani aktif tanaman yang berfungsi sebagai “senyawa aktif”. Mereka pada dasarnya adalah versi cair dari tanaman, dan mereka secara efektif memungkinkan senyawa yang bermanfaat untuk mencapai aliran darah lebih cepat dari pada dengan hanya mengkonsumsi tanaman tersebut secara langsung.

 

Minyak atsiri atau minyak essensial adalah cairan yang diisolasi dari tanaman (akar, batang, daun, bunga, kulit buah, biji) ketika dialiri pelarut. Dalam prosesnya, pelarut terdifusi kedalam bahan tanaman ini dan menarik senyawa aktif di dalamnya keluar, dan inilah yang disebut dengan ekstraksi. Senyawa ini akan tercampur dengan pelarut dan dapat dimurnikan dengan penguapan. Distilasi distilasi uap dan distilasi air menjadi proses yang paling umum dilakukan untuk mendapatkan minyak essensial.

DISTILASI UAP

Steam Distillation adalah metode yang paling popular digunakan untuk mengekstrak dan mengisolasi minyak esensial dari tanaman untuk digunakan dalam produk alami. Uap dari pelarut akan menguapkan senyawa volatile pada bahan tanaman, selanjutnya ektrak yang terkumpul akan dipisahkan dengan pelarut melalui kondesansi dan atau penguapan vakum.

 

pfeifenstrauch-vorbereitung

PROSES DISTILASI STEAM Bahan tanaman (biasanya bahan tanaman yang sudah kering) dimasukkan kedalam sebuah wadah besaryang disebutstill/distiller, yang biasanya terbuat dari stainless steel. Uap air kemudian dialirkan kedalam wadah yang mengandung bahan tanaman tersebut, melepaskan molekul aromatic dari tanaman dan mengubahnya menjadi uap. Uap yang tercampur ini akan melalui kondensor/pendingin yang mengakibatkan uap mendingin dan berubah menjadi cairan. Hasil cairan ini ditampung dalam wadah dan yang tertutup, disebut juga separator karena disinilah akan terjadi pemisahan pelarut dengan ekstrak. Karena air dan minyak tidak bercampur, minyak esensial mengapung di atas air (Beberapa minyak esensial lebih berat dari pada air, seperti minyak esensial cengkeh, sehingga mereka ditemukan di bagian bawah separator). Dari sinilah air akan disedot sehingga yang tersisa hanyalah minyak essensial.

Bunga-bunga yang lembut seperti mawar dan bunga jeruk akan tidak akan mudah menguap jika dia liri uap, jadi metode ekstraksi yang paling efektif dalam situasi ini adalah dengan merendam bahan tanaman yang dalam air mendidih murni sebagai gantinya. Air melindungi minyak yang diekstraksi dari panas berlebih. Cairan kental akan terbentuk lalu didinginkan. Setelah dingin, air dan minyak akan terpisah satu sama lainnya. Air akan disedot sehingga yang tersisa hanyalah minyak essensial. Air sisa proses ini juga berbau harum dan masih mengandung senyawa aktif di dalamnya. Inilah yang disebut sebagai hidrosol, air herbal, air esensial, dan air bunga.

“Indonesia's Aromatherapy”

 Wiliam Sicher Wijaya

Contact Us

Jl.Pluit Mas III Blok C No.1B Jakarta Utara, Indonesia

(+628)13 171 06 048

hello@sicher.co.id

Copyright © *SICHER ENTERPRISES*,
All rights reserved.

Our mailing address is:
hello@sicher.co.id

Want to change how you receive these emails?
You can update your preferences or unsubscribe from this list.