EMPAT TIPE DIFFUSER

YANG BISA ANDA BELI

Diffuser

Diffuser adalah alat yang membantu mendifusikan molekul essential oil maupun fragrance oil sehingga aroma dapat menyebar. Ada berbagai metode untuk menyebarkan aroma essential oil dan juga ada banyak tipe aroma diffuser yang dapat Anda temukan di pasaran.Harga mereka pun bervariasi dari, yang masuk kantong hingga yang sangat mahal, dari yang efektif hingga tidak efektif sama sekali. Dengan banyaknya pilihan, tidak dipungkiri, pengetahuan akan menjadi senjata utama Anda. Jika sudah paham tentang jenis-jenis diffuser, maka Anda akan tahu diffuser jenis apa yang harus dibeli. Nah, ada empat tipe diffuser yang kini beredar di pasaran, yang akan dijelaskan secara terperinci di artikel ini.

NEBULIZER / NEBULIZING DIFFUSER

Dengan nama lain atomazing diffuser, mesin ini sering dipandang sebagai jenis diffuser terbaik karena berbagai alasan. Mereka tidak membutuhkan panas, air, dan tidak mengandung plastik.  Aliran udara berhembus melintasi tabung kecil, menciptakan ruang hampa udara yang menarik minyak kepermukaan tabung lalu diberi tekanan tinggi sehingga partikel minyak keluar dalam bentuk kabut halus. Mesin ini juga dilengkapi dengan timer yang dapat diatur sedemikan rupa sehingga Anda tidak perlu takut jika meninggalkan mesin ini dalam keadaan hidup.

Kelebihan:

Kelebihan lain mesin ini adalah ia dapat mendistribusikan molekul essential oil dengan sempurna kesetiap sudut ruangan. Bagi mereka yang menggunakan minyak esensial untuk kesehatan fisik dan mental mereka, atau mereka yang mempraktekkan aromaterapi, ini adalah jenis diffuser yang patut dibeli karena mesin ini dapat menyebarkan sejumlah besar molekul essential oil keudara di saat Anda sangat membutuhkannya.

Kekurangan:

Dibandingkan dengan metode lain , membersihkan mesin nebulizer sangat memakan waktu. Essential oil seperti cendana, nilam, dan cengkeh yang mana memiliki kekentalan yang jauh lebih tinggi dibanding minyak lain biasanya tidak dapat digunakan (kecuali dalam keadaan encer) karena dapat menyumbat aliran pada tabung.

ULTRASONIC DIFFUSER

Mesin ini juga menciptakan kabut halus seperti nebulizer, tetapi mereka bekerja dengan cara yang berbeda, yakni dengan menggunakan frekuensi elektronik untuk membuat getaran ultrasonik yang memecah molekul minyak sehingga dapat disebar keudara. Diffuser ini menggunakan campuran air dan minyak esensial, yang berarti Anda akan mengencerkan minyak atsiri pada saat digunakan. Tak hanya itu, karena minyak atsiri bersifat korosif terhadap plastik, maka perlu dibersihkan secara teratur agar mesin dapat awet.

Kelebihan:

Mesin ini sekaligus bekerja sebagai humidifier, yakni memberi kelembaban di udara. Jadi, sangat baik digunakan pada ruangan ber-AC, serta ketika cuaca berubah dingin dan kering. Menambahkan kelembaban keruangan penting selama musim dingin dan flu.

Kekurangan:

Not recommended bagi Anda yang tidak telaten karena mesin ini harus rajin dibersihkan setiap kali Anda selesai memakainya. Sedikit saja ada minyak yang tersisa dapat merusak lapisan plastik pada mesin ini. Selain itu lempengan ultrasonic sangatlah sensitive sehingga mudah rusak jika tidak menggunakannya secara hati-hati. Pastikan Anda memahami dan mengikuti dengan benar cara pakai dan perawatan mesin ini agar tidak menyesal dikemudian hari.

EVAPORATIVE DIFFUSER

Sesuai dengan namanya, mesin bekerja dengan proses penguapan. Saat minyak esensial menguap, iadi lepaskan keudara karena berubah dari cair ke gas. Ada banyak varian mesin ini namun cirri khas utamanya adalah mereka menggunakan kipas kecil yang meniupkan udara melewati minyak, menyebabkannya minyak menguap lebih cepat dari biasanya.

Kelebihan:

Diffuser tipe ini biasanya dibandrol dengan harga murah dan baik untuk mereka yang hanya ingin semburan kesegaran  atau keharuman sesaat. Di samping itu, mesin ini juga mudah dan praktis digunakan dibanding tipe diffuser yang lain.

Kelemahan:

Salah satu kelemahannya adalah ketika minyak esensial menguap, komponen senyawa yang lebih ringan akan menyebar lebih cepat dari pada komponen senyawa yang lebih berat, sehingga sulit untuk mendapatkan manfaat lengkap dari minyak. Selain itu, beberapa model mesin menghasilkan suara bising dari kipasnya yang berputar.

 

HEAT DIFFUSER

Heat diffuser bekerja dengan cara menggunakan panas untuk menguapkan essential oil.  Ada dua tipe alat yang kini beredar di pasaran, yakni pemanasan dengan listrik dan pemanasan dengan lilin. Heat diffuser dengan lilin adalah metode penyebaran aroma tertua yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Cara kerjanya sederhana, dalam wadah cekung yang terbuat dari keramik atau alloy dimasukkan air dan essential oil kemudian wadah ini akan dipanaskan sehingga minyak dan air menguap.

Kelebihan:

Alat ini relative murah, mudah digunakan dan juga tidak bising. Cara membersihkan alat ini pun sangat mudah, cukup dengan melarutkan sisa minyak esensial ataupun kerak yang membandel dengan alcohol.

Kekurangan:

Beberapa orang menggunakan tingkat panas yang lebih tinggi untuk menghasilkan aroma lebih intens, tetapi ini akan merusak molekul minyak sehingga anda tidak mendapatkan manfaat aromaterapinya. Tingkat panas yang lebih rendah tidak merusak molekul minyak namun aroma yang dihasilkan akan lemah. Selain itu, mesin diffuser ini mudah terbakar, terutama yang menggunakan pemanas lilin.

Setelah membaca informasi di atas pastinya Anda sudah bias menentukan pilihan diffuser. Ingatlah diffuser yang efektif dan tepat guna adalah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.  Jadi selalu sesuaikan dengan kebutuhan dan budget sebelum membeli diffuser tipe apapun.

 

Contact Us

Jl.Pluit Mas III Blok C No.1B Jakarta Utara, Indonesia

(+628)13 171 06 048

hello@sicher.co.id

Copyright © *SICHER ENTERPRISES*,
All rights reserved.

Our mailing address is:
hello@sicher.co.id

Want to change how you receive these emails?
You can update your preferences or unsubscribe from this list.