CINNAMON

Minyak Kayu Manis

Minyak Beraroma Manis yang Kaya Manfaat

Kayu manis adalah rempah yang diperoleh dari kulit kayu dari beberapa spesies pohon dari genus Cinnamomum. Kayu manis digunakan terutama sebagai penambah rasa dan aroma makanan dan minuman. Di luar aroma dan cita rasanya yang enak, minyak kayu manis juga menawarkan berbagai manfaat terapeutik dan penyembuhan. Inilah hal – hal yang perlu Anda ketahui tentang minyak esensial ini.

Fall-Essential-Oils-1
6437950307_3ea850360b_b
Texture image cinnamon sticks.

Manfaat

Minyak esensial kayu manis memiliki aroma yang lembut dan rasanya yang manis dan tajam. Ini biasanya digunakan sebagai penyedap dalam pasta gigi untuk menutupi aroma tak sedap pirofosfat, senyawa yang menghambat kalsifikasi plak. Dalam pengobatan Ayurvedic, ekstrak kayu manis digunakan sebagaian timual, antidiare, anti kembung, dan stimulant umum. Kini minyak kayu manis telah terbukti secara alami.
• Menurunkan kolesterol

• Membunuh bakteri
• Menyembuhkan luka
• Mengontrol kadar gula darah
• Meredakan sakit perut yang disebabkan oleh bakteri berbahaya seperti salmonella

Karena rasa dan aromanya yang manis, minyak kayu manis sering ditambahkan pada daging dan bumbu makanan, saus dan acar, makanan yang dipanggang, kembang gula, roti & kue, sirup, minuman kemasan, dan tembakau. Minyak esensial kayu manis juga digunakan sebagai bahan utama dalam parfum dan sabun karena aromanya yang unik dan manfaatnya bagi kulit.

Komposisi

Minyak kayu manis mengandung 90 senyawa organik. Sekitar 65 – 75% dari total komposisi adalah cinnamaldehyde. Senyawa inilah yang memberi rasa dan aroma identitas kayu manis. Biasanya, semakin tinggi kandungan cinnamaldehyde dalam minyak kayu manis, semakin tinggi pula harganya. Di Amerika Serikat, standar Asosiasi Minyak Esensial (EOA) menentukan kandungan cinnamaldehyde sebesar 55 hingga 78 persen.
Selain itu, eugenol juga terdapat dalam jumlah 4 – 10 %. Minyak kayu manis adalah sumber kasium dan zat besi yang tinggi yang mana baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Hal ini yang menyebabkan ekstrak kayu manis sering ditambahkan kedalam produk pasta gigi di daerah Asia Selatan. Selain itu, minyak ini juga mengandung vitamin K yang sangat baik untuk membantu penyembuhan luka.

 

Penggunaan

Untuk meredakan sakit perut, beberapa tetes minyak kayu manis dalam secangkir air panas atau teh akan membantu. Namun demikian, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda atau praktisi kesehatan herbal sebelum mengkonsumsi minyak esensial secara internal.
Untuk aplikasi aromaterapi, campurkan beberapa tetes minyak kayu manis pada diffuser atau vaporizer Anda bersama dengan beberapa minyak esensial favorit Anda. Minyak kayu manis dicampur dengan bergamot, kapulaga, cengkeh, jahe, lemon, jeruk, peppermint, mawar, vanila, dan ylang-ylang.
Minyak kulit kayu manis mengandung cinnamonaldehyde dalam jumlah tinggi dan bila digunakan dalam dosis tinggi mampu menyebabkan iritasi bagi yang berkulit sensitif. Minyak kayu manis sangat aman bila digunakan dalam dosis kecil dan dicampur dengan carrier oil.
 
 

Tier For Fragrance

Contact Us

Jl.Pluit Mas III Blok C No.1B Jakarta Utara, Indonesia

(+628)13 171 06 048

hello@sicher.co.id

Copyright © *SICHER ENTERPRISE|*,
All rights reserved.

Our mailing address is:
hello@sicher.co.id

Want to change how you receive these emails?
You can update your preferences or unsubscribe from this list.